29.3 C
Jakarta
Minggu, Juni 13, 2021

Barikade 98 : Presiden Jokowi dan Amanah Reformasi

Must read

Oleh : Aam Abdul Salam (Pengurus DPN.Barikade 98/Sekjen PPJNA 98/Aktivis 98 Bandung)

OPINI – Bulan mei Dua puluh tiga tahun yang lalu momentum tumbangnya rezim diktator Soeharto sebagai hasil perjuangan semua kekuatan yang pro perubahan menentang rezim diktator, berkat perjuangan mahasiswa sebagai garda terdepan perjuangan reformasi tentunya atas dukungan rakyat yang sudah jengah dengan rezim Soeharto, akhirnya pada 21 Mei 1998 Soeharto berhasil ditumbangkan.

Perjuangan reformasi tidak hanya selesai sampai tumbangnya Soeharto, bagaimana dengan amanah perjuangan reformasi sudah dilaksanakan atau belum ? rezim Soeharto tidak pada Soeharto saja namun kekuatan oligarki orde baru yang berlindung pada Soeharto yang masih belum rela ditumbangkan sehingga mereka kekuatan oligarki orde baru berupaya membajak reformasi bagaimanapun caranya agar bisa berkuasa kembali.

Tidak aneh perkembangan seiring waktu kebijakan kebijakan pemerintah hari ini yang pro rakyat diganggu, disabotase malahan sampai akan digulingkan untuk balas dendam karena pundi pundi oligarki orde baru dibabat habis oleh Pemerintahan Jokowi.

Dalam bulan Mei ini sebagai bulan reformasi tumbangnya rezim Soeharto harus dijadikan refleksi dan evaluasi gerakan semua kekuatan reformasi dan demokrasi untuk terus melakukan konsolidasi mengawal cita cita dan amanah perjuangan reformasi jangan biarkan oligarki orde baru mengganggu dan mensabotase agenda perjuangan reformasi.

Terlahirnya Jokowi hasil dialektika dari reformasi, Jokowi tidak bisa dilepaskan dari reformasi, terlahir dari rakyat biasa mampu dan teruji menjadi pemimpin nasional tentunya hasil dari sebuah proses yang totalitas untuk mengawal dan melaksanakan amanah reformasi yang merupakan amanah rakyat juga sekaligus merupakan amanah para pendahulu bangsa, para pahlawan yang telah memerdekakan negeri ini.

Semoga pengukuhan DPN.Barikade 98 yang merupakan wadah para pejuang aktivis 98, dalam bulan Mei ini menjadi tonggak penting memperkuat dan terus mengawal Jokowi dalam melaksanakan amanah perjuangan reformasi, karena halangan tantangan ujian dan serangan dari oligarki orde baru tak henti hentinya menghadang Presiden Jokowi untuk menggagalkan malahan akan menggulingkan pemerintahan Jokowi. Barikade 98 akan menjadi garda terdepan dalam mengawal pemerintahan Jokowi melaksanakan semua agenda perjuangan reformasi untuk kepentingan rakyat semata.

Selain berjuang secara lahiriah kita sepatutnya terus berdoa pada Allah SWT, Tuhan YME, Presiden Jokowi bersama semua kekuatan reformasi diberikan kekuatan dan perlindungan untuk tetap menjalankan semua amanah perjuangan reformasi merupakan amanah rakyat Indonesia untuk menjadikan Indonesia negara maju adil dan makmur. Aamiin YRA.

The post Barikade 98 : Presiden Jokowi dan Amanah Reformasi appeared first on Hacked By R13S.

- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article